Potensi Penggunaan Video Pembelajaran Biologi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Hasmiati

Keywords:

video, pembelajaran, hasil, belajar, biologi

Abstract

Hasil belajar merupakan perubahan tingkah laku setelah melalui proses belajar mengajar mencakup bidang kognitif, afektif dan psikomotorik. Kesulitan belajar akan mempengaruhi hasil belajar. Salah satu penyebab siswa kesulitan mempelajari biologi adalah materi biologi berkaitan dengan hal atau objek yang abstrak. Penggunaan video pembelajaran dapat dipilih untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi penggunaan media video pembelajaran biologi dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan mengumpulkan data melalui studi literatur. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa penggunaan media video pembelajaran biologi memiliki keunggulan yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Melalui tayangan video ,siswa akan lebih paham dengan materi yang disampaikan. Selain itu,  kapanpun dan di manapun video pembelajaran biologi dapat dibuka kembali.

References

Aisyiyah, A.T.P., dan Amrizal. 2020. “Penerapan Pendekatan Saintifik (Scientific Approach) dalam Pembelajaran Biologi SMA.” Jurnal Pelita Pendidikan 8(4): 215–223.

Fatmawati, A., Nofisulastri, S.R., Adawiyah, dan Devi, N.S. 2018. “Perbedaan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Biologi dengan Menggunakan Media Youtube di MA Annajah Ponpes Al Halimy Sesela.” Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi 6(1): 58–66.

Fauzan, Khairil, dan Safrida. 2019. “Pengaruh Penggunaan Media Video pada Konsep Sistem Kerangka Manusia Terhadap Motivasi dan Hasil Pembelajaran Kognitif Siswa SMAN I Peukan Baro Kabupaten Pidie.” BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan 6(2): 131-138.

Harita, K.B. 2024. “Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Biologi pada Kelas X SMA Negeri 1 Gomo.” TUNAS : Jurnal Pendidikan Biologi 5(2): 103–121.

Izza, A.Z., Falah, M dan Susilawati, S. 2020. “Studi Literatur: Problematika Evaluasi Pembelajaran dalam Mencapai Tujuan Pendidikan di Era Merdeka Belajar.” dalam Prosiding Seminar Nasional Konferensi Ilmiah Pendidikan, Pekalongan: FKIP Universitas Pekalongan, 10–15.

Khairani, M., Sutisna, dan Suyanto, S. 2019. “Studi Meta-Analisis Pengaruh Video Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Peserta Didik.” Jurnal Biolokus 2(1): 158–166.

Rahmadana, A., Gani, H.A, dan Ismail. 2018. “Pengaruh Video Pembelajaran Biologi Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Pada Materi Sistem Regulasi Kelas XI Sekolah Menengah Atas.” Dalam Prosiding Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya, Makassar: Universitas Negeri Makassar, 353–358.

Ramadhan, A.W. dan Khotimah, K. 2014. “Pengembangan Media Video Pembelajaran Mata Pelajaran Biologi Tentang Biotechnology Proses Pembuatan Tempe Kelas XII di SMAN 1 Grati Pasuruan.” Jurnal Mahasiswa Tekonologi Pendidikan 5(3): 1–12.

Rusgiarti. 2014. “Studi Kasus Tentang Kesulitan Belajar Mata Pelajaran Biologi di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 15 Pontianak.” Jurnal Edukasi 1(1): 102–110.

Sakila, N., Wahyuni, S dan Adiansyah, R. 2024. “Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMAN 26 Bone.” ORYZA: Jurnal Pendidikan Biologi 13(1): 25–34.

Sani, Y., Sari, N.F, dan Harahap, R.D. 2019. “Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Biologi di Kelas XI SMA Muhammadiyah 10 Rantauprapat.” Jomas 1(3): 13–20.

Sari, I.P.N, dan Ferry, D. 2024. “Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Biologi di SMA.” 9(2): 172–181.

Sari, M.P., Huzaifah, S dan Santoso, L.M. 2014. “Pengaruh Penggunaan Media Video Terhadap Hasil Belajar IPA Biologi Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 9 Palembang.” Jurnal Pembelajaran Biologi: Kajian Biologi dan Pembelajarannya 1(1): 30–36.

Sianturi, S dan Gultom, T. 2016. “Analisis Kesulitan Belajar dan Hubungannya dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Biologi Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Sidikalang Tahun Pembelajaran 2015/2016.” Jurnal Pelita Pendidikan 4(1): 170–178.

Sudjana, N. 2005. Dasar-Dasar Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Sumardi, U., Nathael L., Witri, R dan Kusriani,F. 2021. “Pengaruh Penggunaan Media Video Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik.” EDUTECH 20(1): 72–86.

Suryani, S dan Lufri. 2021. “Analisis Kesulitan Belajar Biologi Melalui Pembelajaran Daring dan Hubungannya dengan Hasil Belajar Siswa.” Journal for Lesson and Learning Studies 4(3): 364–369.

Tasmalina dan Prabowo, P. 2018. “Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Sub Materi Spermatophyta di SMA Swasta Nurul Amaliyah Tanjung Morawa Tahun Pembelajaran 2015/2016.” Best Journal 1(1): 14–20.

Yendrita dan Syafitri, Y. 2019. “Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Biologi.” BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains 2(1): 26–32.

Yudianto, A. 2017. Penerapan Video Sebagai Media Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan (234-237). Sukabumi: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sukabumi.

Zamzami., Sakdiah dan Nurbaiza. 2020. “Analisis Faktor Kesulitan Belajar Mata Pelajaran Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya Kabupaten Aceh Besar.” Jurnal Dedikasi Pendidikan, 4(1): 123–133.

Published

2024-12-24

How to Cite

Hasmiati. (2024). Potensi Penggunaan Video Pembelajaran Biologi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Edukasiana Islam: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 101–111. Retrieved from https://journal.yapnasjp.ac.id/index.php/edukasiana/article/view/74

Issue

Section

Articles