PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN QURAN HADIST SISWA KELAS VII MTS BULU-BULU
Keywords:
Gedget, use, Qur'an, hadist, learning, outcomesAbstract
Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan penggunaan gadget siswa kelas VII MTs Bulu-Bulu; (2) Hasil belajar mata pelajaran alquran hadits pada siswa kelas VII MTs Bulu-Bulu (3) mengetahui pengaruh penggunaan gadget terhadap hasil belajar mata pelajaran alquran hadits pada siswa kelas VII MTs Bulu-Bulu, Jenis penelitian ini adalah kuantitatf. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MTS Bulu Bulu Kelas VII yang berjumlah 48. Sedangkan sampelnya berjumlah 24 responden (VII A 12 responden), (VII B 12 responden). Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah probability sampling, Dan instrumen yang digunakan yaitu angket dan ceklis dokumentasi Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, hasil analisis statistik deskriptif diperoleh skor rata-rata penggunaan gadget adalah 57 terletak pada interval 52-61, hasil ini berada pada kategori sedang, dan skor rata-rata hasil belajar quran hadits adalah 94 terletak pada interval 92-95, hasil ini berada pada kategori sedang Selanjutnya skor hubungan antara penggunaan gadget dengan prestasi hafalan al- Qur’an adalah 0,6615, hasil ini berada pada kategori tinggi. Adapun hasil pengujian kontribusi variabel X terhadap Y, diperoleh hasil 43,75%. Koefisien tersebut menunjukkan bahwa adanya hubungan antara penggunaan gadget dengan hasil belajar mata pelajaran quran hadits pada siswa kelas VII MTs Bulu-Bulu Sedangkan pada pengujian statistik regresi sederhana yaitu uji t, diperoleh hasil uji hipotesis bahwa laiurg (Le) = 40,83> dari tube yakni 2,074 maka Ho ditolak dan H. Diterima Dengan demikian disimpulkan bahwa penggunaan gadget berpengaruh positifterhadap hasil belajar mata pelajaran quran hadits pada siswa kelas VII MTs Bulu-Bulu.
References
Akib Hamid, Nar Herthyanto 2010, Statistika Dasar Jakarta: Universitas Terbuka
Anwar, Abu, 2012 Ulumul Quran (Sebuah Pengantar) cet. 2 Pekanbaru, Amzah, Arsyad, Azahar, 2010. Media Pembelajaran. Cet. XIII; Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Aunurrahman 2014. Belajar dan Pembelajaran. Alfabeta: Bandung.
Daryanto, 2013. Strategi dan Tahapan Mengajar Cet, 1 Bandung, CV. Yrama Widya,
Departemen Agama RI, Pedoman Umum Pendidikan Islam,
Departemen Agama RI, 2014. Al-Qur’an dan Terjemahnya (Bandung, Sinar Baru Algensindo.
Derry Iswidharmanjaya, B. A. 2014. Bila Si Kecil Bermain Gadget. Yogyakarta: Bisakimia.
Djamarah, Zain Aswan. 2016. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Gagne, R.A. dan Driscoll, M.P. (1988). Essential of Learning for Instruction. New Jersey: Prentice Hall Inc.
Hudaya, A. 2018. Pengaruh Gadget terhadap Sikap Disiplin dan Minat Belajar Peserta Didik. Jurnal pendidikan, 4(2):86-97.
Hidayat, Dasrun. 2012. Komunikasi Antar pribadi dan Medianya; Yogyakarta:Graha Ilmu.
Led al-Hilali, Syaikh Salim bin Riyadhush Shalihin, 2008 PT. Pustaka Imam Asy- Syafi”I
Ibrahim, Nana Sudjana. 2015 Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung
Iswidharmanjaya, B. A, Dery. 2014. Bila Si Kecil Bermain Gadget. Yogyakarta: Bisakimia.
Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi V
Muzakir, Muhammad Ahmad, 2010 Ulumul Hadis (Cet, III; Bandung: CV Pustaka Setia
Nurhakim, Syarif. 2015. Dunia Komunikasi dan Gadget Evolusi Alat Komunikasi, Menjelajah Jarak dengan Gadget. Jakarta Timur. Penerbit Bestari
Pane, Aprida. & Dasopang, M. Darwis. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu
Rachmawati, P., Rede, A., Jamhari, M. 2017. Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Biologi Angkatan 2013 FKIP UNTAD pada Mata Kuliah Desain Media Pembelajaran. Jurnal Ilmu Pendidikan,
Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. Depdiknas.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods), Bandung: Alfabeta
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D
Sukmadinata. Nana Syaodih, 2011, Landasan Psikologi Proses Pendidikan, Bandung Remaja Rosdakarya
Susanto, 2015. Teori Belajar & Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group
Usman, Syahruddin. Belajar dan Pembelajaran Perspektif Islam. Cet. 1, Makassar. Alauddin University Press, 2014
Wijanarko, J. 2016. Pengaruh Pemakaian Gadget dan Perilaku Anak, terhadap kemampuan anak Taman Kanak-kanak Happy Holy Kids Jakarta.