KEEFEKTIFAN TEKNIK IMPROVISASI DALAM PEMBELAJARAN DRAMA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KABUPATEN BULUKUMBA
Keywords:
Effectiveness, of, Improvisation Techniques, dramatic, playing, abilityAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui keefektifan teknik improvisasi dalam pembelajaran drama siswa kelas VIII SMP NEGERI 2 Kabupaten Bulukmba dan untuk mengetahui perbedaan antara pemebelajaran drama dengan menggunakan teknik improvisasi dan pembelajaran drama tanpa menggunakan teknik improvisasi.
Penelitian ini menggunakan desain kuasi eksperimen (eksperimen semu). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kabupaten Bulukumba sebanyak 231 siswa. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simpe rendom sampling atau pengambilan sampel secara acak sederhana. Berdasarkan pengambilan sampel dengan teknik tersebut diperoleh dua kelas yaitu kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-4 sebagai kelas kontrol.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes yaitu pre-test dan post-test bermain drama. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik uji-t dengan memperhatikan syarat normalitas dan homogenitas.
Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan skor post-test kemampuan bermain drama siswa kelompok kontrol dengan kelompk eksperimen. Hal ini terbukti dari hasil uji-t skor post-test kelompok kontrol dan kelompok eksperimen diketahui nilai thitung 2,651 signifikan 5 % diperoleh nilai ttabel 1,67. Hail tersebut menunjukkan nilai th : 2,651 ttb : 1,67 pada signifikan 5% yang berarti ada perbedaan kemampuan bermain drama antara siswa kelompok eksperimen dengan siswa kelompok kontrol. Selanjutnya untuk selisih hasil skor rata-rata post-test kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol yaitu 9,866-6,515 = 3,351.
Dari hasil skro menunjukkan, skor kelompok eksperimen lebih tinggi dari pada kelompok kontrol, bererti pembelajaran bermain drama dengan menggunakan teknik improvisasi lebih efektif dibanndingkan pembelajaran bermain drama tanpa menggunakan teknik improvisasi.
References
DAFTAR PUSTAKA
Alwi, Hasan. dkk. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi III. Jakarta: Balai Pustaka.
Anirun, Suyatna. 1998. Menjadi Aktor. Bandung: PT Rekamedia Multiperkasa
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penehtian (Suatu Pendekatan Praktik). Jakarta: Penerbit PT Rineka Cipta.
Bungin. 2008. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Prenada Media Group.
Djumingin, Sulastriningsih. 2004. Bahan Ajar Pengajaran Prosa Fiksi dan Drama. Makassar: Universitas Negeri Makassar.
Edraswara, Suwardi. 2005. Metode dan Teori Pembelajaran sastra. Yogyakarta: Buana Pustaka.
Fujiwiatna. 2003. “Kemampuan Siswa Kelas II SMU Negeri I Baraka Kabupaten Enrekang Menggunakan Plot Naskah Drama Radio Romantika Putih Abu-abu”. Skripsi. Makassar: FBS UNM.
Hamalik, Oemar. 2005. Perencanaan Pengajaran berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.
Hartoko, Dick. 1986. Pemandu di Dunia Sastra. Yogyakarta: Kanisius.
Harymawan, RMA. 1993. Dramaturgi. Bandung: Penerbit PT Remaja Rosdakarya.
Hazin. 1990. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Bumi Aksara.
Indrawati. 2010. Memerankan Drama dan Mengenali Karakter Tokoh dalam Drama, dalam http://gurumuda.com/bse/memerankan-drama-dan mengenali-karakter-tokoh-dalam-drama#more-11 091, download 19 Januari 2014.
Jalidu, M. Ahmad. 2010. Rahasia Akting Sempurna. Yogyakarta : Garudhawaca
Juanda. 2002. Teori Sastra. Makassar: Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Makassar.
Luxemburg, Jaan Van.dkk. 1984. Pengantar Ilmu Sastra. Jakarta: Gramedia.
Nurgiyantoro, Burhan. 2009, a. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra Edisi Ketiga. Yogyakarta: BPFE.
Nurgiyantoro, Burhan. 2009, b. Statislik Terapan untuk Penelilian llmu-Ilmu Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Rendra, WS. 1976. Tentang Bermain Drama (Calatan Elemenler Bagi Calon Pemain). Jakarta: Pustaka Jaya.
Roestiyah. NK. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Rosdiana. 2002. “Kajian Tindak Tutur Teks Percakapan Drama Sumur Tanpa Dasar.” Skripsi. Makassar: FBS UNM.
Rosidi, Ajip. 1998. Ikhtisar Sejarah Sastra Indonesia. Bandung: Percetakan Bina Cipta.
Santosa, Eka. 2008. Seni Teater untuk Sekolah Menengah Kejuruan Jilid 1 dan 2. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Silberman, Mel. 2007. Active Learning. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani
Slavin, R. 1995. Comperative Learning: Theory Research and Pratice. Masschusets: Allyn and Bacon Publisher
Sudjana. 2008. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Sufiani. 2004. “Problematika Pengajaran Drama di SLTP Negeri 3 Bantimurung Kabupaten Maros”. Skripsi. Makassar: FBS UNM.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Triyanto, Agus. 2007. Kompetensi Bahasa Indonesia untuk SMP dan MTS Kelas VIII. Jakarta: ESIS Penerbit Erlangga.
Waluyo, Herman J. 2001. Drama Teori dan Pengajarannya. Yogyakarta: Hanindita Graha Widya.
Welly. 2010. Improvisas dalam Bermain Drama. Dalam http://welly 07.wordpress.com /2010/01/29/ improvisasi-dalam bermaindrama. Di Dounlowad 19 Januari 2014.