STRATEGI PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA AL-QUR’AN SANTRI DI TK/TPA NURUL JIHAD TOMBOLO
Kata Kunci:
starategi, pembelajaran, kemampuan, membaca, Al-Qur’anAbstrak
Strategi Pembelajaran Al-Quran dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Quran Santri Di TK/TPA Nurul Jihad Tombola, Jurusan Pendidikan Agama Islam STAI YAPNAS JENEPONTO 2021.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif sedangkan untuk mengumpulkan data peneliti menggunakan beberapa metode antara lain adalah metode dokumentasi, metode wawancara, metode observasi dan metode interview. Dalam penelitian ini yang menjadi subyek penelitian adalah Guru TK/TPA Nurul Jihad Tombolo.
Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan penerapan strategi pembelajaran al-Quran dalam meningkatkan kemampuan baca al-Quran santri di TK/TPA Nurul Jihad, (2) mendeskripsikan kemampuanbaca al-Quran santri di TK/TPA Nurul Jihad, (3) mendeskripsikanfaktorpendukung dan penghambat strategi pembelajaran al-Quran dalammeningkatkankemampuanbaca al-Quran santri di TK/TPA Nurul Jihad.
Dari penelitian yang telah dilakukan, maka peneliti dapat menyimpulkan strategi pembelajaran al-Quran dengan klasikal dan dorongan dikatakan baik dalam meningkatkan kemampuan baca al-Quran santri. Sedangkan factor pendukung diantaranya kualitas guru yang baik, keaktifan santri, dorongan orang tua, lingkungan yang kondusif, dan waktu yang memadai. Sedangkan factor penghambatnya adalah menurunnya semangat santri dan kurangnya fasilitas sarana dan prasarana.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan tambahan pengetahuan dan masukan bagi pengelolah lembaga pendidikan yang beorientasi terhadap pembelajaran al-Quran.
Referensi
Abu Ahmadi, H., & Robam. (n.d.). Pengelolaan ombligon. Jakarta: Kinka Cipta.
Al-Qur’an. (n.d.). Surah Al-Isra (17): 9.
Creswell, J. W. (2008). Research design: Pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed (Edisi ketiga). Bandung: Pustaka Pelajar.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2000). Kamus besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (2002). Kamus besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Gie, T. L. (1989). Efektivitas pembelajaran.
Mulyasa, E. (2006). Implementasi kurikulum 2004. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Sagud, A. (1998). Mitra fungsional administrasi pendidikan. Yogyakarta: Perbedaan.
Tim Dosen IAIN Sunan Ampel Malang. (1996). Dasar-dasar kependidikan Islam (Suatu pengantar ilmu pendidikan Islam). Surabaya: Karya Abditama.