PENGARUH SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN TATAP MUKA DI SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM YAYASAN PENDIDIKAN NASIONAL JENEPONTO

Penulis

  • Manggasingi STAI Yapnas Jeneponto
  • Muhammad Firdaus STAI Yapnas Jeneponto
  • Ramliati STAI Yapnas Jeneponto
  • Firman STAI Yapnas Jeneponto
  • Vhera Auliah STAI Yapnas Jeneponto

Kata Kunci:

sarana, prasarana, efektifitas, proses, pembelajaran, kinerja

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk untuk menguji pengaruh penggunaan sarana dan prasarana terhadap kinerja dosen dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran tatap muka di Sekolah Tinggi Agama Islam Yayasan Pendidikan Nasional Jeneponto. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh dosen di Sekolah Tinggi Agama Islam Yayasan Pendidikan Nasional Jeneponto, Adapun teknik sampel yang digunakan yaitu Sampling Jenuh dengan total sampel sebanyak 40 orang dosen. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Sarana prasarana berpengaruh positif dan signifikan terhadap proses pembelajaran di Sekolah Tinggi Agama Islam Yayasan Pendidikan Nasional Jeneponto. (2) Sarana prasarana berpengaruh positif dan signifikan dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran tatap muka di Sekolah Tinggi Agama Islam Yayasan Pendidikan Nasional Jeneponto. (3) Sarana prasarana berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja dosen di Sekolah Tinggi Agama Islam Yayasan Pendidikan Nasional Jeneponto. (4) Proses pembelajaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja dosen di Sekolah Tinggi Agama Islam Yayasan Pendidikan Nasional Jeneponto.

Referensi

Alkafi, R., Samsi, S., & Nurdin, N. (2014). Pengaruh RPP, Metode Pembelajaran, Sarana Prasarana Terhadap Kinerja Guru Sertifikasi. JEE (Jurnal Edukasi Ekobis), 2(7).

Deswarta, D. (2017). Pengaruh Kompetensi Dan Motivasi Terhadap Kepuasan Kerja Dan Kinerja Dosen Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Uin Sultan Syarif Kasim Riau. VALUTA, 3(1), 19-39.

Djamarah. S. B, Zain. A. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Eryadini, N. (2017). Pengaruh Kompetensi Dosen Terhadap Mutu Pembelajaran di STKIP PGRI Lamongan. Journal STKIP PGRI Lamongan, 1(1), 6-6.

Fauziana, D. 2017. Pengaruh Sarana dan Prasarana Sekolah dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Guru di Pondok Pesantren Al-Islam Joresan Mlarak Ponorogo. Tesis Program Pascasarjana IAIN Ponorogo.

Husaini, H. (2017). Pengaruh Profesional Dosen Terhadap Kualitas Pembelajaran Dosen Agama Islam Di Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Pattimura. Pembelajar: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran, 1(1), 9-16.

Istiqomah, E. 2017. Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Proses Belajar MengajarSiswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan.

Kurniawan, N. (2017). Pengaruh Standart Sarana Dan Prasarana Terhadap Efektifitas Pembelajaran Di TK Al-Firdaus. Jurnal Warna : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia dini. September 2017. Vol 02. No. 02.

Legiwati, N. (2016). Pengaruh Pemanfaatan Sarana Dan Prasarana Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 3 Grati Satap Kabupaten Pasuruan. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS, 10(2), 294-309.

Majid, Abdul. 2005. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar. Kompetensi Guru. Bandung: Rosdakarya

Mocodompis, H. (2014). Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia Aparatur terhadap Peningkatan Kinerja di Badan Kepegawaian Daerah Kabupatenbolaang Mongondow Utara. JURNAL POLITICO, 2(6).

Mulyasa. (2004). Kurikulum Berbasis Kompetensi, (Bandung: Remaja Rosdakarya Offset

Mutakin, T. Z. (2015). Pengaruh Kompetensi, Kompensasi, Dan Latar Belakang Terhadap Kinerja Guru. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2).

Rachmawati, Titik dan Daryanto. 2013. Penilaian Kinerja Profesi Guru dan Angka Kreditnya. Yogyakarta: . Penerbit Gava Media

Rosilawati, T. (2014). Supervisi Akademik dalam Upaya Peningkatan Motivasi Guru Menyusun Perangkat Persiapan Pembelajaran. Jurnal Penelitian Tindakan Sekolah dan Kepengawasan, 1(2).

Sagala, Syaiful., (2009), Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung: Alfabeta

Sudiro. 2015. Pengaruh Sarana, Proses Pembelajaran, Dan Persepsi Kinerja DosenTerhadap Kepuasan Mahasiswa Pada Politeknik Indonusa Surakarta. Jurnal Sainstech Politeknik Indonusa Surakarta ISSN : 2355-5009 Vol. 1 Nomor 4 Desember Tahun 2015.

Zainuddin, P., Riama P., dan Oktarida, A. 2015. Pengaruh Kompetensi Dan Motivasi Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Serta Implikasinya Pada Kinerja Dosen (Survei Pada Perguruan Tinggi Negeri Di Kota Palembang). Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan PKM Sosial, Ekonomi dan Humaniora

Unduhan

Diterbitkan

2023-06-29

Cara Mengutip

Manggasingi, Muhammad Firdaus, Ramliati, Firman, & Vhera Auliah. (2023). PENGARUH SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN TATAP MUKA DI SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM YAYASAN PENDIDIKAN NASIONAL JENEPONTO. Edukasiana Islam, 1(1), 20–29. Diambil dari https://journal.yapnasjp.ac.id/index.php/edukasiana/article/view/32

Terbitan

Bagian

Articles