PENGARUH SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN TATAP MUKA DI SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM YAYASAN PENDIDIKAN NASIONAL JENEPONTO
Keywords:
Infrastructure, Effectiveness, Learning, Process, PerformanceAbstract
The aim of this research is to examine the influence of the use of facilities and infrastructure on lecturer performance in increasing the effectiveness of face-to-face learning at the Jeneponto National Education Foundation Islamic College. The research method used is descriptive and verification methods with a quantitative approach. The population in this study were all lecturers at the Jeneponto National Education Foundation Islamic College. The sampling technique used was Saturated Sampling with a total sample of 40 lecturers. The data analysis technique used is the path analysis technique. The results of the research show that (1) Infrastructure has a positive and significant effect on the learning process at the Jeneponto National Education Foundation Islamic College. (2) Infrastructure has a positive and significant effect in increasing the effectiveness of face-to-face learning at the Jeneponto National Education Foundation Islamic College. (3) Infrastructure has a positive and significant effect on the performance of lecturers at the Jeneponto National Education Foundation Islamic College. (4) The learning process has a positive and significant effect on the performance of lecturers at the Jeneponto National Education Foundation Islamic College.
References
Alkafi, R., Samsi, S., & Nurdin, N. (2014). Pengaruh RPP, Metode Pembelajaran, Sarana Prasarana Terhadap Kinerja Guru Sertifikasi. JEE (Jurnal Edukasi Ekobis), 2(7).
Deswarta, D. (2017). Pengaruh Kompetensi Dan Motivasi Terhadap Kepuasan Kerja Dan Kinerja Dosen Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Uin Sultan Syarif Kasim Riau. VALUTA, 3(1), 19-39.
Djamarah. S. B, Zain. A. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Eryadini, N. (2017). Pengaruh Kompetensi Dosen Terhadap Mutu Pembelajaran di STKIP PGRI Lamongan. Journal STKIP PGRI Lamongan, 1(1), 6-6.
Fauziana, D. 2017. Pengaruh Sarana dan Prasarana Sekolah dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Guru di Pondok Pesantren Al-Islam Joresan Mlarak Ponorogo. Tesis Program Pascasarjana IAIN Ponorogo.
Husaini, H. (2017). Pengaruh Profesional Dosen Terhadap Kualitas Pembelajaran Dosen Agama Islam Di Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Pattimura. Pembelajar: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran, 1(1), 9-16.
Istiqomah, E. 2017. Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Proses Belajar MengajarSiswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan.
Kurniawan, N. (2017). Pengaruh Standart Sarana Dan Prasarana Terhadap Efektifitas Pembelajaran Di TK Al-Firdaus. Jurnal Warna : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia dini. September 2017. Vol 02. No. 02.
Legiwati, N. (2016). Pengaruh Pemanfaatan Sarana Dan Prasarana Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 3 Grati Satap Kabupaten Pasuruan. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS, 10(2), 294-309.
Majid, Abdul. 2005. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar. Kompetensi Guru. Bandung: Rosdakarya
Mocodompis, H. (2014). Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia Aparatur terhadap Peningkatan Kinerja di Badan Kepegawaian Daerah Kabupatenbolaang Mongondow Utara. JURNAL POLITICO, 2(6).
Mulyasa. (2004). Kurikulum Berbasis Kompetensi, (Bandung: Remaja Rosdakarya Offset
Mutakin, T. Z. (2015). Pengaruh Kompetensi, Kompensasi, Dan Latar Belakang Terhadap Kinerja Guru. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2).
Rachmawati, Titik dan Daryanto. 2013. Penilaian Kinerja Profesi Guru dan Angka Kreditnya. Yogyakarta: . Penerbit Gava Media
Rosilawati, T. (2014). Supervisi Akademik dalam Upaya Peningkatan Motivasi Guru Menyusun Perangkat Persiapan Pembelajaran. Jurnal Penelitian Tindakan Sekolah dan Kepengawasan, 1(2).
Sagala, Syaiful., (2009), Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung: Alfabeta
Sudiro. 2015. Pengaruh Sarana, Proses Pembelajaran, Dan Persepsi Kinerja DosenTerhadap Kepuasan Mahasiswa Pada Politeknik Indonusa Surakarta. Jurnal Sainstech Politeknik Indonusa Surakarta ISSN : 2355-5009 Vol. 1 Nomor 4 Desember Tahun 2015.
Zainuddin, P., Riama P., dan Oktarida, A. 2015. Pengaruh Kompetensi Dan Motivasi Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Serta Implikasinya Pada Kinerja Dosen (Survei Pada Perguruan Tinggi Negeri Di Kota Palembang). Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan PKM Sosial, Ekonomi dan Humaniora