PENGELOLAAN PEMBELAJARAN TERHADAP PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH ALIYAH MUHAMMADIYAH JENEPONTO ALIYAH MUHAMMADIYAH JENEPONTO

Penulis

  • Manggasingi STAI Yapnas Jeneponto
  • Nurhayani STAI Yapnas Jeneponto
  • Resky Utami Nasrullah STAI Yapnas Jeneponto
  • Nurahma, STAI Yapnas Jeneponto
  • Selpina STAI Yapnas Jeneponto

Kata Kunci:

meningkatkan, manajemen, pembelajaran, mutu, pendidikan

Abstrak

Manajemen pembelajaran merupakan proses mengelola kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pengendalian (pengarahan), dan pengevaluasian kegiatan yang berkaitan dengan proses pembelajaran peserta didik dengan mengikutsertakan berbagai faktor didalamnya, guna mencapai tujuan pendidikan dan berupaya meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Manajemen pembelajaran untuk meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Jeneponto. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan literatur review. Hasil penelitian yang didapatkan menggambarkan tentang perlunya suatu manajemen pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan dan keterampilan untuk mendukung terlaksananya proses pendidikan yang bermutu sesuai visi, misi serta tujuan. Oleh karenanya, upaya meningkatkan kualitas pendidikan adalah menata manajemen pendidikan, maka dibutuhkan suatu organisasi untuk mencapai tujuan bersama dalam manajemen pembelajaran yang lebih efektif dan efisien untuk meningkatkan jaminan mutu sehingga mengurangi kendala agar tercapai tujuan lembaga Madrasah Aliyah Muhammadiyah Jeneponto yang bermutu.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-23

Cara Mengutip

Manggasingi, Nurhayani, Resky Utami Nasrullah, Nurahma, & Selpina. (2023). PENGELOLAAN PEMBELAJARAN TERHADAP PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH ALIYAH MUHAMMADIYAH JENEPONTO ALIYAH MUHAMMADIYAH JENEPONTO. Edukasiana Islam, 1(2), 61–70. Diambil dari https://journal.yapnasjp.ac.id/index.php/edukasiana/article/view/28

Terbitan

Bagian

Articles