Keistimewaan Bahasa Arab Sebagai Bahasa Al-Qur’an
Kata Kunci:
Keistimewaan, Al-Qur'an, Bahasa, ArabAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji tentang istimewanya bahasa Arab sebagai bahasa Al-Qur'an. Penulis menghadirkan pemahaman lebih dalam bahwa bahasa Arab bukan hanya sekedar bahasa Al-Qur'an saja tetapi banyak keistimewaan jika seseorang dapat mengkajinya lagi sehingga dapat merasakan alasan mengapa Allah SWT menurunkan Al-Qur'an menggunakan bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif untuk dapat mendeskripsikan penelitian yang berdasarkan informasi mengenai suatu permasalahan yang sedang dibahas kemudian penulis membandingkannya dengan kenyataan sosial. Pengumpulan data yang di gunakan dalam penelitian ini merupakan metode studi pustaka dan mengkaji lebih dalam serta menganalisis artikel dan buku yang relevan dan berhubungan dengan materi pembahasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bahasa Arab merupakan bahasa yang sangat banyak digunakan di kalangan muslim dikarenakan keistimewaannya yang digunakan sebagai bahasa Al-Qur'an. Penelitian ini memberikan informasi bahwa betapa pentingnya Al-Qur'an dalam pembelajaran bahasa Arab dan sebaliknya. Karena Al-Qur'an merupakan patokan utama dalam menjadikan Bahasa Arab sebagai pusat kajian kalangan orang muslim.
Referensi
Asep Ahmad Hidayat.Filsafat Bahasa. Bandung,: Remaja Rosdakarya, 2006.
Ahmad, A. H. bin F. (1997). As-Shoohibi fi Fiqh Al-Lughah Al- 'Arobiyyah wa masaa ilihaa wa sunanil 'Arob fi kalaamihaa. Daar al-Kutub al-Ilmiyyah.
Al-Ghazali. (n.d.). al-Mustasfa Fi al-Ushul (T. Digital (ed.)). Maktabah al-Syamillah. Al-Ghulayaini, M. (2005). Jami' al-Duruus al-Arabiyyah. Daar al-Kutub al-Ilmiyyah. Anshori. (2013). Ulumul Qur'an. Rajawali Press.
Baihaqi, I. (n.d.). Cabang-Cabang Keimanan (Syu'ubul Iman) (Al-Mustadr).
Effendi, M. S. (2012). Linguistik sebagai Ilmu Bahasa. Jurnal Perspektif Pendidikan, 5(1),10. https://www.ojs.stkippgri- lubuklinggau.ac.id/index.php/JPP/article/view/353
Hasyim, A. (2016). Keistimewaan Bahasa Arab Sebagai Bahasa Al-Qur'an. Nidhomul Haq: Jurnal Mana)emen Pendidikan Islam, 1(1), 1-28. https://doi.org/https://doi.org/10.31538/ndh.v1i1.5
Hayat, A. (2016). Ushul Fiqh: Dasar-Dasar untuk Memahami Fiqh. Rajawali Press.
Iman, F. (2004). Ijtihad Dan Mujtahid. Alqalam, 21(100), 1. https://doi.org/10.32678/alqalam.v21i100.1645
Jinnni, A. F. bin. (2000). Al-Kosho'ish (A. H. bin Muhammad (ed.); 1st ed.). Daar al- Kutub al-Ilmiyyah.
Khallaf, A. W. (n.d.). Usul Fiqh.
Mualif, A. (2019). Orisinalitas dan Elastisitas Kosakata Dalam Bahasa Arab. 9(1), 40-5
Pongtiku, A., Robby Kayame, S. K. M., Rerey, V. H., SKM, M. P. H., T., & Soeprapto, M. M., & Resubun, Y. (2016). Metode Penelitian Kualitat If Saja. Nulisbuku. com.
Rifani, A. (2019). Bahasa Al-Qur'an Sebagai Bagian Dalam Ijtihadiyyah. Journal of Islamic and Law Studies, 3(2), 39-62. https://jurnal.uin- antasari.ac.id/index.php/jils/issue/view/472
Shihab, M. Q. (1996). Wawasan Al-Qur'an. Mizan.
Syarif, M. (2021). Ijtihad Tidak Bisa Membatalkan Ijtihad yang Lain. Serambi Tarbawi,
(2), 143-156. https://doi.org/10.32672/tarbawi.v9i2.5058
Triningsih, W. (2012). BAHASA ARAB BAHASA AL-Qur'AN. Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Sorong, Papua Barat, Indonesia Jurusan Dakwah Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam, 21. https://osf.io/3xcnb/download/?format=pdf
Zahrah, M. A. (1958). Ushuk al-Fiqh. Daar al-Fikr.
Zuhaily, W. (1986). Usul al-Fiqh al-Islamiy. Daar al-Fik