Efektivitas Metode Pembelajaran Problem Solving Terhadap Pembelajaran Menulis Karangan Argumentasi Siswa SMAN 2 Bulukumba

Penulis

  • Nurhayani Nurhayani STAI Yapnas

Kata Kunci:

Metode, Problem, Solving, Menulis, Karangan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui evektivitas metode pembelajaran peoblem solving terhadap pembelajaran menulis karangan argumentasi siswa kelas X.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Penelitiaan ini menggunakan penelitian pretest control group. Populasi penelitian ini siswa kelas X SMA Negeri 2 Bulukumba yang berjumlah 70 orang. penarikan sampel dalam penelitian ini digunakan sampel total (total sampling). sampel dalam penelitian ini dikelompokkan atas dua kelompok, yaitu siswa kelas X1 sebanyak 35 orang sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X2 sebanyak 35 orang sebagai kelas kontrol.

Instrumen yang digunakan, yaitu observasi dan  tes. Teknik yang digunakan  dalam pengumpulan data adalah teknik tes dan observasi. Data yang diperoleh dengan dua cara dianalisis secara statistik deskriptif dan statistik inferensial. Untuk menganalisis, data tersebut digunakan software pengolah data Stastistical Product Service Solusion (SPSS).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil metode Pembelajaran Problem Solving Kelas X SMA Negeri 2 Kabupaten Bulukumba dikategorikan memadai. Di antara 35 siswa kelas eksperimen, terdapat 31 orang yang memperoleh nilai di atas 70 ataau 88,57%. Sedangkan kelas kontrol, di antara 35 siswa terdapat 22 siswa yang memperoleh nilai di atas 70 atau 62,85%. Berbeda dengan hasil metode pembelajaran Konvensional, metode Pembelajaran Problem Solving Efektif Diterapkan dalam Pembelajaran Menulis Karangan Argumentasi. Hal ini tampak pada nilai t 122.556 dengan signifikansi (ρ) 0.000 karena ρα = 0.05. maka hipotesis nol (H0)  ditolak dan hipotesis satu (H1) diterima.

Hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara nilai kreativitas menulis karangan argumentasi pada strategi pembelajaran Problem Solving dengan strategi pembelajaran konvensional.

Referensi

Akhadiah, Sabarti. 2017. Menulis I. Jakarta: Depdikbud Dirjen Diknasmen BPPG SLTP Setara D-III.

Ali, Mohammad. 2022. Penelitian Kependidikan Prosedur dan Strategi. Bandung: Angkasa.

Alwasilah, Ahaedar.2018. Teori Linguistik. Bandung: Angkasa.

Arends. 2020. Belajar untuk Mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto, Suharsimi. 2019. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta.

D’Angelo, Frank. 2018. Precess and Throught in Composition. Massachosetts: Winthrop Publisher, Inc.

Depdiknas. 2022. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Djahiri, Achmad. 2016. Strategi Pengajaran Efektif. Jakarta: Binacipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2020. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Gulo,W. 2019. Srategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Grasindo.Hernowo. Quantum Writing: Cara Cepat dan Bermanfaat untuk Merangsang Potensi Menulis. Bandung: Mizan Learning Center.

Iskandar Wassid dan Dadang Suhendar. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.

Jacobs dan Razavieh 2015. Pengantar Penelitian dalam Pendidikan (Terjemahan Arief Furchan). Surabaya: Usaha Nasional.

Joyce, Brophy. 2003. Models of Teaching. New York: Harper and Row.

Keraf, Gorys. 2018. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: Gramedia.

Kuncoro, Mudrajad. 2020. Mahir Menulis. Yogyakarta. Iromejan: Erlangga.

Lado, Robert.2011. Language Teaching: A Scientific Approach.

Leonhardt, Mary. 2014. Cara Menjadikan Anak Bergairah Menulis. Bandung: Kaifa PT Mizan Pustaka

Musaba. 2019. Terampil Menulis dalam Bahasa Indonesia yang Benar. Banjarmasin: Sarjana Indonesia.

Muslim, Ibrahim. 2022. Pengajaran berdasarkan Masalah. Surabaya: FMIPA UNESA.

Nadeak, Wilson. 2015. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa. Jakarta: Pustaka Jaya.

Nurgiantoro, Burhan. 2021. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nurkancana, W. 2012. Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Poerwadarmita, W.J.S. 2016. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: PN Balai Pustaka.

Rakasihwi, Adetya. 2023. Kemahiran Menulis Paragraf Argumentasi dengan Media Gambar Siswa Kelas VII SMP Bintang. Tesis tidak diterbitkan. Tanjung Pinang.

Rani, Abdul dkk. 2020. Analisis Wacana. Malang: Bayumedia Publishing.

Resmini, Novi. 2020. Etika dalam Penulisan Buku. Bandung: UPI.

Rusyana, Yus. 2021. Menulis Tertib dan Sistematik. Jakarta: Erlangga.

Sagitta, Novira. 2022. Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Argumentasi Siswa Kelas X SMA Avicenna. Tesis tidak diterbitkan. Jombang.

Sanjaya, Wina. 2022. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sanjaya, Wina. 2002. Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Predana Media Group.

Sudirman, N. 2020. Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Kota Kembang

Sugiyono. 2022. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sumarno, Marno. 2018. Pragmatik dan Perkembangan Mutakhirnya. Medan: FPBS IKIP.

Tarigan, Djago. 2018. Membina Keterampilan: Menulis Paragraf dan Pengembangan. Bandung: Angkasa.

Tarigan, Henry Guntur. 2016. Menulis: sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung.Angkasa.

Trianto. 2017. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Widyawati, Revina. 2023. Pembelajaran Menulis Karangan Argumentasi dengan Menggunakan Media Artikel Opini Surat Kabar pada Siswa Kelas X SMA Negeri 3. Tesis tidak Diterbitkan. Bandung.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-30

Cara Mengutip

Nurhayani, N. (2024). Efektivitas Metode Pembelajaran Problem Solving Terhadap Pembelajaran Menulis Karangan Argumentasi Siswa SMAN 2 Bulukumba. Edukasiana Islam, 2(2), 144–156. Diambil dari https://journal.yapnasjp.ac.id/index.php/edukasiana/article/view/48

Terbitan

Bagian

Articles