ANALISIS MEKANISME PENETAPAN HARGA JUAL DAN JASA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM
Kata Kunci:
Mekanisme, Ekonomi, Islam, keadilan, hargaAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana mekanisme penetapan harga Jual dan jasa pada Fotocopy dan Percetakan Aina Belokallong Jeneponto Sulawesi Selatan dan untuk mengetahui bagaimana tinjauan ekonomi Islam terhadap mekanisme penetapan harga Jual dan jasa pada Fotocopy dan Percetakan Ammey tersebut.Untuk mengungkap persoalan tersebut secara mendalam dan menyeluruh, maka penulis menggunakan metode kualitatif untuk mengumpulkan informasi yang diperlukan selama masa penelitian.Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan mengadakan pengamatan atau observasi dan wawancara, dengan objek penelitian di Fotocopy dan Percetakan Ainan.Berdasarkan hasil penelitian dan analisis tentang mekanisme penetapan harga jual dan jasa di Fotocopy dan Percetakan Ammey maka dapat disimpulkan bahwa mekanisme penetapan pembulatan harga yang tidak jelas di Fotocopy namun Percetakan Ainan menggunakan penetapan harga berbasis keadilan, penetapan harga di Fotocopy dan Percetakan Ammey sudah sesuai dengan prinsip ekonomi Islam karena harga yang ditetapkan tidak mendzalimi pembeli yaitu Fotocopy Ainan mengambil keuntungan pada tingkat kewajaran. Fotocopy dan Percetakan Ammey tidak mengambil keuntungan dari hasil pembulatan harga, tetapi sisa dari hasil pembulatan tersebut akan dikumpulkan dan dialihkan untuk dana sosial dan untuk kotak amal masjid. dan penetapan pembulatan harga merupakan titik keseimbangan antara kekuatan penawaran dan permintaan yang disepakati secara rela sama rela oleh penjual dan pembeli.
Referensi
REFERENCE
Al-jumanatul „Ali, Al-Qur‟an Dan Terjemahannya. Bandung: Cv Penerbit J-Art. 2014
Alma, Buchari, dan Donni Juni Priansa, Manajemen Bisnis Syariah. Bandung: ALFABETA. 2019.
Amalia , Euis.Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam. Jakarta : Gramata Publishing. 2020.
Antonio, Muhammad Syafi‟i. Bank Syariah Dari Teori ke Praktik . Jakarta : Gema Insani. 2020.
Anwar.Konsepsi Ibnu Taimiyah (Terjemah). Surabaya : Bina Ilmu.1997
Budi Utomo, Setiawan. Fiqh Aktual. Jawaban Tuntas Masalah Kontemporer. Jakarta : Gema Insani. 2021
Definisi Pengertian Harga, Tujuan dan Metode Pendekatan Penetapan Harga_Manajemen Pemasaran.
http://id.Wikipedia.org/wiki/Pasar. Diakses pada tanggal 05 Mei 2021http://thedarkancokullujaba.blogspot.co.id/2020/12/kualitas- pelayanan-jasa-dalam.html di akses pada tanggal 02 September 2019
Idris, Hadis Ekonomi, Jakarta: Prenadamedia Group. 2016
Indara NS, Pengertian Harga, one.indoskripsi.com/click/2499/0, (Senin, 02 Juli 2017)
Isqiyarta, Jaka.Dasar-dasar Ekonomi Islam, Menuju Sirathal Mustaqim. Yogyakarta :Ekonisia. 2012
Jusmaliani. Bisnis Berbasis Syariah . Jakarta : Bumi Aksara. 2018
Karim,Adiwarman Azwa, Ekonomi Mikro Islam. Jakarta : III T. 2023
Karim, Adiwarman Azwa, Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam. Jakarta : Raja Grafindo Persada. 2024.
Khalil, Jafril. Jihad Ekonomi Islam. Jakarta : Gramata Publishing. 2020
Kotler , Philip. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Erlangga. 1996.
Mahallf , Ahmad Mudjab, dan Ahmad Rodh Hasbulloh, Hadist-hadis Muttafaq „Alaih. Jakarta: Kencana. 2004.
Marthon , Said Sa‟ad. Ekonomi Islam di Tengah Krisis Ekonomi Global . Jakarta : Zikrul Hakim. 2004.
Maulana, Romi. “Penerapan Asas-asas Muamalah Terhadap Praktek Pembulatan Harga Dalam Jual Beli ( Studi Kasus di Minimarket Handayani Yogyakarta ”. Skripsi, Jurusan Mu‟amalat Fakultas Syari‟ah UIN Sunan Kalijaga. 2009.
Natadiwirya, Muhandis. Etika Bisnis Islami. Jakarta: GraandaPers. 2007
Pusat Pengkajian dan Pengembangan Ekonomi Islam, Ekonomi Islam. Rajawali Pers. 2009.
Rivai, Veithzal, dan Andi Buchari.Islamic Economic. Jakarta : Bumi Aksara. 2009.
Rosyidi, Suherman. Pengantar Teori Ekonomi: Pendekatan Kepada Teori Ekonomi Miko dan Makro. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada. 2006.
Sadan , Yasir. “ Pengambilan Keuntungan Melalui Pembulatan Pada Bisnis Warung Internet Perspektif UU No 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen dan Perspektif Hukum Islam ‟‟. Skripsi, Jurusan Muamalat Fakultas Syariah. UIN Sunan Kalijaga. 2012.
Satori , Djam‟an, dan Aan Komariah, Metodelogi Penelitian Kualitatif.Bandung : ALFABETA. 2009.
Sudarsono, Heri.Konsep Ekonomi Islam. Yogyakarta: CV. Adipura. 2004.
Sugiyono. Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta. 2012
Suhendi . Hendi, Fiqh Muamalah, Jakarta: Rajawali Pers. 2014
Susanti Diah Heri. “ Tinjauan Hukum Islam Terhadap Akad dan Pembulatan Harga dalam Jual Beli di Mini Market Pamella Yogyakarta”. Skripsi, Jurusan Muamalat Fakultas Syariah. UIN Sunan Kalijaga. 2003.
Sutrisno , Hadi. Metodologi Research . Yogyakarta : Penerbit Andi.2004.
Veithzal, Amiur Nurudin, dan Faisar Ananda, islamic Business And Economic Ethics. Jakarta : PT Bumi Aksara. 2012.