PENERAPAN METODE QIRO’AH TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB”.
Kata Kunci:
Peningkatan, Kemampuan, Membaca, Mahasiswa, Metode, Qiro'ahAbstrak
Pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab sangat erat kaitannya dengan metode yang digunakan oleh seorang pendidik (dosen) dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, dibutuhkan strategi dan metode yang tepat agar proses pembelajaran tersebut dapat tercapai sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Adapun metode yang digunakan dalam pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab di STAI YAPNAS Jeneponto terkhususnya pada program studi pendidikan bahasa Arab adalah metode qiro’ah. “Metode qiro’ah adalah penguasaan bahasa asing dengan mengawalinya dari penguasaan unsur bahasa yang terkecil, yaitu kosakata, yang didahului oleh latihan pengucapan yang benar, lalu pemahaman”. Fokus utama metode qiro’ah ini adalah keterampilan membaca. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan Tujuan dari data deskriptif ini untuk membuat gambaran secara faktual dan akurat tentang fenomena-fenimena yang diselidiki dalam penelitian. Dalam hal ini, penulis akan melacak fenomena yang menjadi fokus dalam penelitian yaitu memahami penerapan metode qiro’ah terhadap peningkatan keterampilan membaca bagi mahasiswa program studi pendidikan bahasa Arab. Instrumen yang digunakan, yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi, dan tekhnik analisis data dalam penelitian ini dilakukan melalui tahapan penyajian data, tahapan reduksi data dan tahapan kesimpulan.Hasil Penelitian Menunjukkan bahwa penerapan metode qiro’ah dalam proses pembelajaran yang diterapkan oleh dosen telah terlaksana dan berhasil, baik dari segi matode ataupun prakteknya mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan sampai pada evaluasi yang digunakan memudahkan mahasiswa bukan hanya sekedar membaca teks berbahasa Arab tetapi juga memahami dan mengerti materi yang diajarkan walaupun terdapat perbedaan dalam proses penerapanya di kelas dan adanya peningkatan kemampuan membaca teks berbahasa Arab pada mahasiswa dilihat dari nilai yang diperoleh saat tes dilakukan oleh dosen.
Referensi
DAFTAR PUSTAKA
Abdul Hai, Kemas dan Harianto, Neldi. Efektivitas Pembelajaran Qira’ah Pada Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jambi. Jurnal Titian, Vol. 1, No. 2, Desember 2017.
Ahmadi, Ruan. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. 2014.
Ali Al-khuli, Muhammad. Strategi Pembeajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Basan Publishing, 2010.
Alwi, Muh, Fatmawati. Penerapan Metode Qira’ah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Siswa SMA Muhammadiyah Disamakan Wilayah Makassar. Al-Maraji: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, Vol. 2, No. 1. 2018.
Aplikasi Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) di akses pada minggu 12 juni 2022.
Arsyad, Azhar. Bahasa Arab Dan Metode Pengajarannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset. 2010.
Asmuki, Muhammadiyah Ahmadi, Pembelajaran Bahasa Arab Sebagai Dasar Pengembangan Keterampilan Membaca Kitab. Lahjah Arabiyah: Jurnal Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab, Vol. 1, No. 1, Januari 2020.
Busiri, Achmad. Pemanfaatan Media Kahoot Dalam Pembelajaran Keterampilan Mendengar Bahasa Arab Di IAIN Sunan Kalojogo Malang. Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Volume 2 Nomor 2, Desember 2020.
Driyakara. Driyakara Tentang Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius. 1980.
Fakhrurrozi, Aziz dan Erta, Mahyudin. Pembelajaran Bahasa Arab. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama. 2012.
Febrianingsih, Dian. Keteranpilan Membaca Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Salimiya: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, Vol. 2, No. 2, Juni 2021.
Fuad Effendy, Ahmad. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Cet; 7, Malang: Misykat, 2017.
Gala, Syaiful. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta, 2005.
Hamidi . Metode Penelitian Kualitatif, Aplikasi Pembuatan Proposal Dan Laporan penelitian. Malang: UMM Pres. 2004.
Hermawan, Acep. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset, 2011.
Hermawan, Acep. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arabi. Cet Kelima (revisi); Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset. 2018.
Hudriyah, Hadawiyah Robi’atul, Afif Maulidy Muhammad. Metode Small Group Discussion (SGD) Pada Maharah Qira’ah Madrasah Tsanawiyah. Al-Ittijah: Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Bahasa Arab, Vol. 13, No. 1, June 2021.
Izzan, Ahmad. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Cet; 4, Bandung: Humaniora, 2010.
J. Moleong, Lexy. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.
Junaidi, Mulianah Baiq. Pengaruh Kefasihan Membaca Al-Qur’an Terhadap Keterampilan Membaca Pada Bidang Studi Bahasa Arab. El-Tsaqafah: Jurnal Jurusan PBA, Vol. 19, No. 2, 2020.
Kartono, Kartini. Pengantar Metode Reserch Social. Bandung: Alumni. 2003.
Kuraedah, Sitti. Aplikasi Maharah Kitabah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Al- Ta’dib,
Vol. 8 No. 2, Juli-Desember 2015.
Marwati. Metode Pengajaran Qira’ah. Jurnal Al-Adabiyah, Vol. 11, No, 1, 2011.
Munandar, Utami. Perkembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: 2012.
Nawawy, Hadari. Metode Penelitian Social. Yogyakarta: Gajah Mada Pres. 1998.
Noor, Juliansyah. Metodologi Penelitian. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. 2011
Nuha, Ulin. Metodologi Super Efektif Pembelajaran Bahasa Arab. Jogjakarta: DIVA PRESS, 2012.
Nurcholis, Ahmad, Ihsan Hidayatullah Syaikhu, Asngad Rudisunhaji Muhamad. Karakteristik Dan Fungsi Qira’ah Dalam Era Literasi Digital. El-Tsaqafah: Jurnal Jurusan PBA, Vol. 18, No. 2, Desember 2019.
Prawira, Bayu. Revolusi Sistem Pendidikan Nasional Dengan Metode E-Learning. Bandung: PT Gramedia Pustaka Utama. 2014.
Purwanto, Yedi. Analisis Terhadap Metode Pendidikan Menurut Ajaran Al-Qur’an Dalam Membentuk Karakter Bangsa. Jurnal Pendidikan Agama Islam Ta’lim, Vol. 13, No. 1, 2015.
Rappe. Kemahiran Membaca Bahasa Arab Tingkat Mutaqaddimin Serta Metode Dan Strategi Pembelajarannya. Jurnal: Shaut Al-Arabiyah, Vol. 8, No. 2, Tahun 2020.
Sanjaya, Wina. Setrategi Pembelajaran, Jakarta: Kencana. 2011
Sarip Hidayat, Nandang. Problematika Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Pemikiran Islam, Vol. 37, No. 1, 2012.
Suharisimi, Arikunto. Prosedur Penelitian, suatu pendekatan praktek. Jakarta: Bina Aksara, 1991.
Suryadi, Andi. Baca Tulis Al-qur’an Metode Qiro’ah (Cara Super Cepat Belajar dan Mengajar Fasih Membaca Al-Qur’an) Makalah TOT (Training Of Tutor), 2018.
Sutrisno, Hadi. Metodologi Reserch. Yogyakarta: Hadi Offset. 1989.
Tim Penyuluhan Kamus Pusat Bahasa. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2007.
Tutik, Rachmati. Teori Belajar Dan Proses Pembelajaran yang Mendidik. Yogyakarta: Penerbit Gava Media. 2015
Yusuf, A. Muri. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri. 2014.
Yusuf, Tayar dan Anwar, Syaiful. Metodologi Pengajaran Agama dan Bahasa Arab. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 1997.
Walgito, Bimo. Pengantar Psikolog Umum. Yogyakarta: 2008.