PENERAPAN DIGITALISASI TERHADAP AKHLAK SISWA KELAS VII DI MTS MUHAMMADIYAH TOMBO-TOMBOLO KABUPATEN JENEPONTO
Kata Kunci:
Digitalisasi, Pendidikan, Akhlak Siswa, pengaruhAbstrak
Digitalisasi pendidikan merupakan sebuah perubahan proses belajar mengajar yang awalnya menggunakan metode belajar lama digantikan dengan metode yang memakai teknologi digital sebagai sumber inti pembelajaran. Akhlak merupakan suatu aspek yang sangat penting dalam kehidupan. Yang mana akhlak ialah suatu perbuatan spontan yang dilandasi pada pengetahuan dan pengalaman.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat digitalisasi pendidikan pada siswa kelas VII, bagaimana tingkat akhlak siswa pada kelas VII dan apa pengaruh digitalisasi pendidikan terhadap akhlak siswa kelas VII di MTS Muhammadiyah Tombo-Tombolo.
Penelitian ini memakai metode penelitian kuantitatif yang sumber datanya diambil melalui kuesioner (angket). Data ini diambil dari sampel kelas VII yang berjumlah 32 siswa dari total 113 siswa. Pengambilan sampel menggunakan metode purpose sampling dimana pengambilan sampel dilakukan dengan penuh perhitungan.
Hasil dari penelitian ini yakni tingkat digitalisasi pendidikan pada siswa kelas VII berada pada kategori: 1) kategori tinggi sebanyak 6 siswa, 2) sedang 20 siswa, 3) rendah 6 siswa. Yang artinya digitalisasi pendidikan terlaksana dengan cukup baik. Dan pada akhlak siswa di kelas VII cukup baik. Dan diketahui nilai R square 0,121 yang artinya digitalisasi pendidikan memberikan pengaruh sebanyak 12% terhadap akhlak siswa kelas VII dan dari nilai signifikansi 0,510 diketahui bahwa digitalisasi berpengaruh terhadap akhlak siswa dan memberikan pengaruh yang positif.
Referensi
DAFTAR PUSTAKA
Asad Mazaheri Monsen. Priorotizing Factors Affecting Customer Satisfaction in the Interest Banking System Based on Cause and Effect Relationship. Procedia Economics and Finance. 2016.
Chusnah, Indriani Tri Khairunnisa. Pengaruh Kemudahan dan Keamanan Terhadap Kepuasan Konsumen Fintech. KINERJA Jurnal Ekonomi Bisnis, Universitas Islam As-Syafi’iyah. 2020.
Dirwan, Pertiwi Ayu. Pengaruh Kenyamanan dan Kemudahan Penggunaan Fasilitas ATM BNI Taplus Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank Negara Indonesia Kantor Cabang Utama Makassar. Akmen Jurnal Ilmiah, Vol. 15 No. 2, STIE Nobel Indonesia. 2018.
Fianto, Arie Bayu. Mobile Banking Service Quality and Its Impact On Customer Satisfation of Indonesia Islamic Banks. Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam, Vol. 7 No. 1, Fakulty of Economics and Business. Universitas Airlangga, 2021.
Ghazali. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Bahan Penerbit UNDIP, 2018.
Haresmita, Vecentya Bahar. Hubungan Antara Kualitas Layanan Mobile Banking dan Kepuasan Konsumen di Warung Kopi Merapi. Skripsi, Fakultas Psikologi, Universitas Buana Yogyakarta, 2018.
Indrasari, Meithiana. Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Jawa Timur: Unitomo Press, 2019.
Jogiyanto. Sistem Informasi Keperilakuan Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi Offset, 2017.
L Benu, Fred & Benu S. Agus. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana, 2019.
Lupiyoadi, Hamdani. Manajemen Pemasaran Jasa Edisi Kedua. Jakarta: Salemba Empat, 2016.
Octabriyatiningtyas, Dhyna dkk. Modeling Customer Satisfaction With The Service Quality of E-Money in Increasing Profit of. PT Telekomunikasi Indonesia. Procedia Computer Science 161 943-950, Institut Teknologi Sepuluh November, 2019.
Rachmawati & Ari Bayu. Analisis Deskripsi Pada Dimensi Kualitas Layanan Mobile Banking (M-Banking) terhadap Kepuasan nasabah Perbankan Syariah. Jurnal Ekonomi Syariah Teori dan Terapan, vol 7 No 6, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Airlangga, 2020.
Rahardjo, Budi, Keamanan Sistem Informasi Berbasis Internet, Bandung: PT. Insan Indonesia, 2017.
Raza, Ali Syed. Internet Banking Service Quality, e-customer Satisfaction and Loyality; the modified e-SERQUAL model. The TQM Journal Vol. 32 No. 6, 2020.
Safi’i Imam. Klasifikasi Atribut Pelayanan Mobile Banking dengan Kano Model Berdasarkan Dimensi E-SERVQUAL. Jurnal Sistem dan Manajemen Industri. Vol 2 No 2. Fakultas Teknik Universitas Kediri, 2018.
Setiawan Heri. Pengaruh Kualitas Layanan, Persepsi Nilai dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pengguna Layanan Mobile Banking. Jurnal Keuangan dan Perbankan, Vol. 20 No 3, Politeknik Negeri Sriwijaya.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wardhana Aditya. Pengaruh Kualitas Layanan Mobile Banking (M-Banking) Terhadap Kepuasan Nasabah di Indonesia. deReMa Jurnal Manajemen, Vol. 10 No. 2, Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Universitas Telkom. 2015.