Strategi Bank Syariah Indonesia kantor Cabang Takalar Dalam Memesarkan Produk Pembiayaan Makro.

Penulis

  • Sulaeman STAI Yapnas Jeneponto

Kata Kunci:

starategi, dalam, pemasaran, produk, mikro

Abstrak

Bank Syariah merupakan lembaga intermediary yang mempunyai peran menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya dalam bentuk pembiayaan. Salah satunya yaitu produk pembiayaan mikro, dimana bank syariah membutuhkan strategi pemasaran yang efektif agar menarik minat nasabah dalam melakukan pembiayaan untuk memenuhi modal usaha yang akan dijalankan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi bank syariah Indonesia cabang Takalar dalam memasarkan produk pembiayaan mikro.Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kajian(Field research)dan pendekatan Deskriptif Kualitatif yaitu penelitian lapangan, peneliti melakukan observasi langsung dan wawancara yang di ambil dari beberapa informan dan pihak bank . Dalam mengkaji data primer yang didapat dari literatur-literatur dari berbagai referensi melalui kepustakaan seperti al-Qur’an dan Hadits dan melalui kepustakaan yang berhubungan dengan permasalahan yang akan diteliti.Dari penelitian yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa strategi BSI KC Takalar dalam memasarkan produk pembiayaan mikro ada 6 strategi khusus yaitu : Prosepek pasar (propekting can vasing), door to door, syiar, open table, periklanan, FAS (Financing Aplication System).

Referensi

Adiwarman A. Karim, Bank Islam Analisis Fiqh dan Keuangan. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2016.

Ahmad Ifham Sholihin, Buku Pintar Ekonomi Syariah. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2010

Al Arif M Nur Arianto, Dasar-Dasar Pemasaran Bank Syariah, Bandung: Alfabeta,2010

Andri Soemitra, Bank & Lembaga Keuangan Syariah. Jakarta: Kencana, 2009 Anselm Strauss dan Juliet Corbin, dasar dasar penelitian kualitatif.Yogyakarta: pustaka pelajar, 2003

Dahlan Tamrin, Filsafat Hukum Islam. Malang: UIN Malang Press, 2007

Departemen Pendidikan Nasional, Kamus bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2001

Dharmayanti, Diah, “Manajemen Pemasaran (strategi perbankan syariah dalam memasarkan produk mikro). Jurnal, IAIN Purwokerto, Vol 1 No 1, 2007

Dwi anissa putri, “Preferensi pengusaha usaha mikro dalam menggunakan produk pembiayaan warung mikro pada bsm cabang

Curup”.skripsi.(Fak.perbankan syariah STAIN Curup,2017),h 77

Ely siswanto,M.Sulhan “manajemen bank konvesional dan syariah, UIN Malang,Press 2008

Hendian, AP, “Peranan pembiayaan UMKM di provinsi jogjakarta”. Skripsi, Fak.Ekonomi Universitas Atma Jaya Yogyakarta, 2016

Irawan Soehartono, metode penelitian social. Bandung: Remaja rosdakarya, 2005 Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta :Balai pustaka, 1991

Kiki Pustika Sari, “Strategi pemasaran pembiayaa warung mikro dalam menarik minat nasabah (Studi kasus Bank Syariah Indonesia Cabang Curup )skripsi. (Fak.perbankan syariah STAIN Curup,2017),h 6

Kuncoro Mudrajad, Ekonomika Industri Indonesia, Yogyakarta: Andi, 2007

Malayu hasibuan, dasar dasar perbankan. Jakarta :PT Bumi Aksara, 2001 Muhamad nanda kusuma , Implementasi pembiayaan warung mikro pada Bank Syariah Indonesia Curup Kantor Cabang (KC).”.skripsi.(fak.perbankan syariah syariah STAIN Curup,2017),h 98

Muhamad, Bank Syariah Analisis Kekuatan, Kelemahan, Peluang dan Ancaman .

Yogyakarta: Ekonisia , 2001

Muhamad A, Teknik Perhitungan Bagi Hasil dan Profit Margin pada Bank Syariah. Yogyakarta: UII Press, 2004

Muhammad, Abubakar, 1995, Hadits Tarbiyah, Surabaya: Al-Ikhlas, Cetakan ISyafii,Antonio, 2002, Bank Syariah dari Teori ke Praktik, Jakarta: Gema Insani

Muhammad, Lembaga-Lembaga Kontemporer,Yogyakarta: UII , Press 2000 Nopita Triananda, “konsistensi keberpihakan perbankanterhadap pembiayaan

usaha mikro(analisispadapt. bprs safir cabang curup), skripsi, (Jurusan:Syariah Dan Ekonomi Islam, STAIN Curup , 2016) h 39

Sofian Effendi, Metode Penelitian Survai, Jakarta: LP3ES, 1983.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D, Bandung: Alfabeta, 2014

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2010,

Susanto, Burhanudin, Hukum Perbankan Syariah di Indonesia, Yogyakarta: UII Press Yogyakarta, 2008

Syarnubi, Sukarman, Metodologi Penelitian Kuantitatif & Kualitatif, Bengkulu: LP2 STAIN Curup, 2011

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-22

Cara Mengutip

Sulaeman. (2024). Strategi Bank Syariah Indonesia kantor Cabang Takalar Dalam Memesarkan Produk Pembiayaan Makro. Edukasiana Islam, 2(1), 38–48. Diambil dari https://journal.yapnasjp.ac.id/index.php/edukasiana/article/view/39

Terbitan

Bagian

Articles