PENGARUH KETELADANAN ORANG TUA TERHADAP AKHLAKUL KARIMA ANAK DI DUSUN PAKKOTANG KELURAHAN BULUJAYA KECEMATAN BANGKALA BARAT KABUPATEN JENEPONTO
Kata Kunci:
keteladanan, akhlakul, karimahAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1). Tingkat keteladanan Orang tua yang mempunyai anak di Dusun Pakkotang Kelurahan Bulujaya Kecamatan Bangkala Barat Kabupaten Jeneponto; 2). Tingkat akhlakul karimah anak di Dusun Pakkotang Kelurahan Bulujaya Kecamatan Bangkala Barat Kabupaten Jeneponto; dan 3) Bagaimana Pengaruh Keteladanan Orang tua (X) terhadap Akhlakul Karimah anak (Y) di Dusun Pakkotang Kelurahan Bulujaya Kecamatan Bangkala Barat Kabupaten Jeneponto.
Penelitian ini menggunakan metode survei dengan teknik korelasional. Subyek penelitian sebanyak 70 responden untuk variabel X, dan 70 responden untuk variabel Y, dari populasi 830 orang tua. Pengambilan sampel menggunakan teknik Proporsional Stratified random Sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket tertutup. untuk menjaring data X dan data Y. Sedangkan Observasi dan interview digunakan untuk mendapatkan data yang tidak dapat diperoleh melalui angket.
Hasil uji korelasi menunjukkan bahwa: korelasi antara keteladanan orang tus terhadap akhlakul karimah anak di Dusun Pakkotang Kelurahan Bulujaya Kecamatan Bangkala Barat Kabupaten Jeneponto, adalah signifikan, hal ini ditunjukkan oleh koefisien korelasi ry 0,526 r tabel pada taraf signifikansi 0,01 dan 0,05. Dari hasil uji t juga menunjukkan bahwa T hitung-3,689 t tabel (0,01)-2,386 dan 1 tabel (0,05)-1,670, ini berarti signifikan, dan koefisien determinasinya r 2 = 0,2766. Hal ini menunjukkan bahwa 27,66% nilai akhlakul karimah anak ditentukan oleh keteladanan orang tua. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para orang tua dan seluruh penduduk Dusun tempat lokasi penelitian, terutama dalam usaha untuk memberikan contoh dan keteladanan yang baik bagi pembinaan dan pembentukan akhlak anak-anaknya.
Referensi
Abdurrahman. (2012). Kitab Fiqih Mendidik Anak Yogyakarta: Teras
Ali, Zainudin. (2007). Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Alim. Muhammad. (2006). Pendidikan Agama Islam Upaya Pembentukan Pemikiran Dan Kepribadian Muslim. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Aly. HN. (1999). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Logos Wacana Ilmo. Arief, Armai, Pengantar ilmu dan metodologi pendidikan islam. Jakarta: Ciputat Pers.
Asmani, IM. (2004). Buku Panduan Internalisasi. Bekasi: Pustaka Inti.
Baharudin. (2014). Pendidikan dan Psikologi Perkembangan, Jokjakarta: Ar-ruzz Media.
Daradjat, Zakiyah. (2011). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Departemen Agama Republik Indonesia. (2019). Al Qur'an dan Terjemahannya. Jakarta: Duta Ilmu Surabaya.
Fatmawati, Linda. (2018). Pengaruh hasil belajar PAI terhadap akhlak nowa kelas VIII SMP Negeri 13 Malang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Majid, Abdul, (2016). Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Majid, Abdul. (2011). Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Mansur. 2005. Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Manggasingi. 2021. Pengaruh TPQ Sayuhada tehadap prestasi siswa di Bidang keagamaan pada SDN.37.Garassikang.
Nata, Abuddin. (2005). Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: PT.Logos Wacana Umu
Prastowo, Andi. (2011). Memahami Metode Metode Penelitian. Jogjakarta: Ar- ruzz Media.
Rusdi, (2021). Kreatifitas guru PAI dalam menumbuhkan semangat belajar siswa kelas IX di MTS AL-Ikhwa Salekoa
Taha, Muhammad (2021). Analisis dampak kedisiplinan guru PAI terhadap peningkatan prestasi belajar siswa kelas XII SMK Negeri 4 Jeneponto
Thulfitrah, Nur latifah (2021). Analisis manfaat buku ajar PAI dalam meningkatkan prestasi belajar pada mahasiswa STAI YAPNAS Jeneponto