Peran Kepala Sekolah Terhadap Profesionalisme Guru PAI di UPT SMPN 4 Bangkala Kab.Jeneponto
Kata Kunci:
kepala, sekolah, karakter, siswa, profesionalisme, guruAbstrak
Pendidikan tidak hanya difokuskan pada faktor -faktor intelektual yang dimiliki seseorang saat mempelajari butalso harus diintegrasikan dengan faktor -faktor lain seperti sikap, perilaku, dan karakter. Dengan ini, tearticledeScribeTheroleOfTheprincipalatsmpn. 4 Guru Bangkala Jenepontomadiunindevelopingprofesional dalam proses pendidikan yang dapat meningkatkan karakter siswa. Teknik datacollection yang digunakan adalah wawancara. Pemrosesan Data dan Teknik Analisis Melalui Datareduction, Datapresentation, dan Pengkhianat Konslusi. Atur contoh yang baik, persediaan, arahan, pengembangan holding dan pengembangan ekstra-kurikuler dan religius aktivitas. juga menciptakan kegiatan baru dalam bentuk menanam sayuran dan memelihara ikan lele yang dibagi menjadi setiap kelas. Selain itu, SMPN. 4 Bangkala Jeneponto Madiun memegang pengembangan karakter yang dapat diatur oleh orang lain yang memiliki startudents yang memiliki, disiplin, mandiri, kreatif, kekasih, pengembangan yang dikendarai, yang dapat dikendalikan oleh para mahasiswa, dan terutama, dan terutama, dan terutama, dan terutama, pengembangan yang baik, dan juga, dan terutama. , memiliki Faithandfeargod Yang Mahakuasa.
Referensi
BaharuddindanUmiarso.(2012).KepemimpinanPendidikanIslam:AntaraTeoridanPraktek.Jogjakarta:Ar-RuzzMedia.
Charis F., Muhammad. & Ammar A, Muhammad dkk. (2020). KategoriKepemimpinandalam Islam. JurnalEdukasi Nonformal, 01 (02).
Dalyono, Bambang dan Lestariningsih, Enny Dwi. (2017). ImplementasiPengantar Pendidikan karakter di Sekolah. JurnalBangunRekaprima. 03 (02).
Departemen Agama RI. (2003) PondokPesantren dan Madrasah Diniyah: Pertumbuhan dan Perkembanganya. Jakarta: DirektoratJenderalKelembagaan Agama Islam.
Edison, Emron. Yohny Anwar &ImasKomariyah. (2016). ManajemenSumber Daya Manusia Strategi dan Perubahandalam Rangka Meningkatkan Kinerja Pegawai dan Organisasi. Bandung: ALFABETA.
Hariyadi, Ahmad. (2020). KepemimpinanKarismatik Kiai Dalam MembangunBudayaOrganisasiPesantren. Jurnal Equity in Education Journal (EEJ). 02 (02).
Haryanto, Sugeng. (2012). PersepsiSantriTerhadapPerilakuKepemimpinan Kiai di PondokPesantren. Studi InteraksionismeSimbolik di PondokPesantrenSidogiri-Pasuruan. Jakarta: Kementerian Agama RI.
Hasanah, Durrotun. (2017). Manaqib Syeikh Abdul Qadir Sebagai Media Suluk. Jurnal Putih.
(01).
Inaku, Saifulhaq. & Nur Iman, Muhammad. (2020). Pendidikan KarakterBerbasisAkhlak. Journal Irfani. 16 (01).
Mardiyah. (2013) Kepemimoinan Kyai dalamMemeliharaBudayaOrganisasi. Yogyakarta: Aditya Media Publising.
MinhajjilQowim, Ahmad Nailu. Fathurrahman Alfa, dkk. (2020). PembentukanKarakter Cinta Rasul Pada Pemuda Jamaah MajelisTa’lim Wal Maulid Arridwan Malang. Jurnal VICRATINA: Pendidikan Islam. 05(02).
Noor, Muslichan. (2018). Gaya Kepemimpinan Kyai. JurnalKependidikan. l7(01). Rosidatun. (2018) Model Implementasi Pendidikan Karakter. Gresik: Caremedia
Communication.
Saifullah Al-Azis, Moh. (2020). ManaqibKisahKehidupanSyekh Abdul Qodir Al-Jailani, Terjemah. Surabaya: TerbitTerang.
Salahudin, Marwan. (2016). Amalan Thariqat Qadariyah Wa Naqsabandiyah Sebagai Proses Pendidikan Jiwa di Masjid Babul Muttaqin Desa Kradenan Jetis Ponorogo. Jurnal Akhlaq Dan Tasawuf. 02(01).
Sholihah, Maratus& Muslih. (2019). Gaya Kepemimpinan Karismatik Kh. Muhammad Dawam Saleh Dalam Manajemen Pondok Pesantren Al-Islah Sendangagung Paciran Lamongan”. Jurnal MUDIR Manajemen Pendidikan. 01(02).
Sugiyono. (2017) Metode Penelitian Pendidikan (Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D).
Bandung: Alfabeta.
Sulistiyorini1, Defi &Nurfalah, Yasin. (2019). PembentukanKarakterReligiusSiswaMelaluiKegiatan Dewan Jamaah Mushola (DJM) Di SMK PGRI 2 Kota Kediri. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES). 02(01).
Sukamto. (1999). Kepemimpinan Kiai Dalam Pesantren. Jakarta: Pustaka LP3ES Indonesia. Sutianah, Elis. Widodo Sunaryo & Adie E. Yusuf. (2018). Hubungan Antara Gaya
KepemimpinanKarismatikKepalaSekolah Dan KepribadianDenganKeinovatifan Guru. JurnalManajemen Pendidikan. 06(02).
Syafe’I, Imam. (2017). PondokPesantren Lembaga Pendidikan PembentukanKarakter. Journal Pendidikan Islam. 08(01).
Widodo, Hendro&etyknurhayati. (2020). Manajemenpendidikansekolah, madrasah, dan pesantren. Bandung: PT RemajaRosrdakarya.
Yahya, Slamet. (2020). TradisiManaqibSyekh Abdul Qodir Al-Jailani Al-Jailani Di MushallaRaudlatutThalibinKembaranKebumen. Jurnal IDBA Kajian Islam dan Budaya. 18(1).