Analisis Manfaat Buku Ajar PAI dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa di SDN. 64 Tanatoa

Penulis

  • Nur Lathifah Tulfitrah B STAI Yapnas Jeneponto
  • Irna Rufaida Arman STAI Yapnas Jeneponto
  • Hasmiati STAI Yapnas Jeneponto
  • Lisnayanti Dewi Nur STAI Yapnas Jeneponto

Kata Kunci:

buku, ajar, pemahaman, siswa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah buku ajar Pendidikan Agama Islam yang disiapkan oleh guru dapat membantu siswa dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di tengah-tengah kemudahan untuk akses pengetahuan melalui sumber internet dan minat baca (buku) siswa saat ini tergolong rendah. Mengingat mata pelajaran ini merupakan mata pelajaran wajib yang penting untuk diajarkan di SDN. 64 Tanatoa. Untuk menunjang proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam, diperlukan media pembelajaran dan buku ajar sebagai salah satunya. Jenis penelitian yang digunakan adalah yuridis empiris, yang menekankan pada satu variabel yaitu manfaat buku ajar sebagai upaya meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran PAI. Penelitian ini menggunakan metode dan pendekatan deskriptif kualitatif diperoleh hasil yang dapat disimpulkan bahwa keberadaan buku ajar Pendidikan Agama Islam sangat membantu siswa dalam menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan karena buku ajar yang disediakan oleh guru dilengkapi dengan lembar uji kompetensi, sehingga dapat meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.

Unduhan

Diterbitkan

2023-06-10

Cara Mengutip

Nur Lathifah Tulfitrah B, Irna Rufaida Arman, Hasmiati, & Lisnayanti Dewi Nur. (2023). Analisis Manfaat Buku Ajar PAI dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa di SDN. 64 Tanatoa. Edukasiana Islam, 2(1), 49–60. Diambil dari https://journal.yapnasjp.ac.id/index.php/edukasiana/article/view/27

Terbitan

Bagian

Articles