ANALISIS DAMPAK KEDISIPLINAN GURU PAI TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XII SMK NEGERI 4 JENEPONTO

Penulis

  • Muhammad Taha STAI Yapnas
  • , M.Faisal, M. STAI Yapnas Jeneponto
  • M. Hayyu STAI Yapnas Jeneponto
  • Nurhalizah STAI Yapnas Jeneponto
  • Ismi Nurannisa STAI Yapnas Jeneponto

Kata Kunci:

Kedisiplinan, kerja, ketauladanan, dan, prestasi, belajar

Abstrak

Kedisiplinan merupakan salah satu faktor keberhasilan pencapaian tujuan pembelajaran. Guru yang disiplin akan membawa dampak positif bagi perkembangan peserta didik, maka diperlukan dedikasi dan tanggung jawab yang tinggi. Seorang guru dituntut untuk bisa mempengaruhi mengolah pola pikir, memiliki wawasan yang luas, juga harus memiliki kompetensi yang mumpuni, baik ilmu kependidikan, metodologi, atau disiplin ilmu yang akan diajarkannya. Profesi guru merupakan profesi yang mulia, walaupun kadang dipandang sebelah mata, tetapi sangat menentukan dalam menyiapkan generasi penerus bangsa, yang akan melanjutkan estafeta kepemimpinan bangsa di masa yang akan datang. Guru juga dituntut untuk bisa memberikan contoh tauladan yang baik, agar bisa menghasilkan generasi-generasi yang bisa di dambakan di masa yang akan datang. Kondisi masyarakat baik atau tidak yang menjadi tolak ukur adalah dunia pendidikan. Sedangkan yang penjadi pemeran utama dalam dunia pendidikan adalah guru, karena guru yang akan mengukir peserta didik menjadi baik atau buruk, harapan masyarakat produk dari pendidikan dari anak-anaknya yang biasa lazim dilihat adalah prestasinya, baik secara akademik maupun non akademik.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, sedangkan jenis pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasi parsial yaitu dengan menganalisis hubungan (pengaruh) antara variabel kedisiplinan kerja guru dengan prestasi belajar siswa. Teknik pengumpulan datanya yaitu dengan menyebarkan angket berupa skala likert yang berisi sejumlah pertanyaan tentang indicator-indikator kedisiplinan kerja dan prestasi belajar siswa. Data yang diperoleh dimasukkan kedalam rumus korelasi parsial per varibel, kemudian dihubungkan, apakah ada hubungan yang signifikan antara kedisiplinan kerja guru dengan prestasi belajar siswa SMK Negeri 4 Jeneponto, sedangkan keeratannya hubungan penulis menggunakan koefesien determinan. Hasil penelitian bahwa kedisiplinan kerja guru akan mempengaruhi prestasi belajar siswa, karena terdapat hubungan sebesar 0,786 atau 78,6% yang tergolong sangat kuat berdasarkan tingkat keeratannya.

Referensi

Al-Rasidin dan Samsul Nizar. 2005. Filsafat Pendidikan Islam. Cet. 2.

Jakarta: PT Ciputra Press.

Barnadib, Imam. 1996. Dasar-Dasar Kependidikan Memahami Makna & Perspektif Beberapa Teori Pendidikan. Yogyakarta: Ghalia Indonesia.

E. Mulyasa, 2016. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

David F., Falina. 2000. Manajemen Karyawan, Memimpin Karyawan dengan Sukses. Yogyakarta: Oryza.

Hafidhuddin, Didin. 2003. Manajemen Syariah dalam Praktik. Jakarta: Gema Insani.

Judge, Robbins. 2015. Perilaku Organisasi Orgazational Behavior. Jakarta: PN. Salemba Empat.

Malayu S.P., Hasibuan. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PN. Prenada Media Group.

Manullang. 1983. Dasar-Dasar Manajemen. Jakarta: Ghalia.

Mukhibin Syah, 2010,Pengembangan Kurikulum, Jakarta, CV. Kencana Prenada Group.

Muflikhin, Hizbul. 2015. Administrasi Pendidikan Teori & Aplikasi dilengkapi Strategi Pembelajaran Aktif. Klaten: CV Gema Nusa.

Musfah, Jejen. 2015. Manajemen Pendidikan Teori, Kebijakan & Praktik.

Jakarta: PN. Prenadamedia Group.

Nata, Abuddin. 2008. Manajemen Pendidikan Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Prenadamedia Group.

Hamalik, Oemar. 2005. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara. Sopiatin, Popi. 2010. Manajemen Belajar Berbasis Kepuasan Siswa. Jakarta:

Ghalia.

Tu’u, Tulus. 2004. Peranan Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa.

Jakarta: PT Gramedia Widia Sasana Indonesia.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-26

Cara Mengutip

Taha, M., , M.Faisal, M., M. Hayyu, Nurhalizah, & Ismi Nurannisa. (2023). ANALISIS DAMPAK KEDISIPLINAN GURU PAI TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XII SMK NEGERI 4 JENEPONTO. Edukasiana Islam, 1(2), 247–263. Diambil dari https://journal.yapnasjp.ac.id/index.php/edukasiana/article/view/26

Terbitan

Bagian

Articles