Penerapan Metode Diskusi Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Pada MahaMahasiswa STAI YAPNAS Jeneponto

Penulis

  • Muhammad Taha STAI Yapnas
  • Helda Yusdiana L STAI Yapnas Jeneponto
  • Indra Satriani STAI Yapnas Jeneponto
  • Nurmiati STAI Yapnas Jeneponto

Kata Kunci:

metode, diskusi, prestasi, belajar, dan, model, model pembelajaran

Abstrak

Permasalahan dalam Penelitian ini adalah apakah dengan menerapkan metode diskusi terhadap peningkatan prestasi belajar pada mahasiswa STAI YAPNAS Jeneponto. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian mahasiswa PAI yang berjumlah 20 orang Mahasiswa, yang terdiri dari 12 orang mahasiswa laki-laki dan 8 orang Mahasiswa perempuan. Menggunakan instrumen berupa tes evaluasi hasil belajar. Rancangan penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam 2 siklus dengan tiap siklus melalui empat tahap, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Hasil penelitian pratindakan dalam kegiatan pembelajaran menunjukkan rata-rata untuk tuntas klasikal 30,00% dan daya serap individu 67,06% dan pada siklus I menunjukkan bahwa mahasiswa dan dosen dalam kegiatan pembelajaran untuk taraf rata-rata yaitu tuntas klasikal 45,00% dan daya serap individual 60,91%. Pada siklus II meningkat menjadi tuntas klasikal 80,00% dan daya serap individual 81,90%, dan untuk penilaian observasi mahasiswa siklus I yaitu 57,14 meningkat menjadi ke siklus II menjadi 92,86, untuk penilaian observasi dosen siklus I 67,86 meningkat kesiklus II menjadi 89,29. Berdasarkan analisis hasil tes pada pratindakan untuk tuntas klasikal 30,00% dan daya serap individu 67,06%, pada siklus I mahasiswa yang tuntas 11 dari 20 mahasiswa, tuntas klasikal 45,00% dan daya serap individualnya 60,91%, sedangkan pada siklus II mahasiswa yang tuntas 18 dari 20 mahasiswa, tuntas klasikal 90,00% dan daya serap klasikalnya 82,90%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode diskusi dapat meningkatkan hasil belajar maha mahasiswa terhadap peningkatan prestasi belajar di STAI YAPNAS Jeneponto.

Unduhan

Diterbitkan

2023-06-29

Cara Mengutip

Taha, M., Helda Yusdiana L, Indra Satriani, & Nurmiati. (2023). Penerapan Metode Diskusi Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Pada MahaMahasiswa STAI YAPNAS Jeneponto. Edukasiana Islam, 1(1), 1–19. Diambil dari https://journal.yapnasjp.ac.id/index.php/edukasiana/article/view/25

Terbitan

Bagian

Articles