PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDI 236 UJUNG MONCONG KEC. BANGKALA BARAT
Kata Kunci:
problem, pendidikan, dan, pembelajaranAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan guru dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SDI 236 Ujung Moncong Kecamatan Medan Tuntungan, pelaksanaangurudalampembelajaranpendidikan agama Islam di SDI 236 Ujung Moncong Kecamatan Medan Tuntungan, problematika yang dihadapi guru PAI, faktor penghambat dan pendukung yang dihadapi guru PAI dan solusi yang dicapai guru PAI dalam problematika pembelajaran pendidikan agama Islam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian pertama bahwa problematika pembelajaran PAI di SDI 236 Ujung Moncong Kecamatan Bangkala Barat ini dari perencanaannya membuat desain pembelajaran dan membuat diagram pengembangan kecakapan melalui konsep example non example, diskusi kelas, peta konsep dan pembelajaran saintifik berbasis tematik. Pelaksanaannya setiap kelompokmenuliskan pertanyaan dalam handout. Problematikanya dalam invitasi atau apersepsi, dalam perencanaan, dalam eksplorasi serta dalam penjelasan. Faktor penghambatnya kurangnya daya dukung dari para orang tua, kurangnya atensi besar, kurangnya evaluasi. Dari segi pendukung relevan Kurikulum KTSP dan K-13. Sedangkan solusinya membuat evaluasi dalam pertukaran resitasi, diskusi dan Diskusi berdasarkan saling berbagi pendapat dan gurunya membuat tes psikomotor.
Referensi
Al-Abrasyi, Muhammad ‘Athiyyah, Prinsip-Prinsip Dasar Pendidikan Islam (Bandung: Pustaka Setia, 2003)
Depdikbud, “Kamus Besar Bahasa Indonesia” (Jakarta, Balai Pustaka, 1996)
Damopoli, Mujahid, Problematika Pendidikan Islamdan Upaya Pemecahannya (Jurnal Nasional Manajemen Pendidikan Islam, Tadbir ISSN: 2338-6673,2015),Volume 3
Elwiddah, Minnah, Problematika Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Pertama (Jurnal Nasional: at-Ta’lim, 2013), volume 1
Fanany, Abd. Chayyi, Ilmu Pendidikan Islam (Surabaya: Taruna Media Pustaka, 2010)
Istarani, 58 Model Pembelajaran Inovatif: Referensi Guru Dalam Menentukan Model Pembelajaran.
Cet.III (Medan: Media Persada, 2012)
Indar, M. Djumberansyah, Filsafat Pendidikan (Surabaya: Karya Abditama, 2001)
Karton, Kartini, Problematika Kehidupan; teori dan praktis (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2010) Majid, Abdul, Perencanaan Pembelajaran : Mengembangkan Standar Kompetensi Guru (Bandung: Remaja
Rosda Karya, Cet.11, 2007)
Mufidah, Ratna, Proses Internalisasi Akhlaq Karimah Dalam Kehidupan Anak Periode Pranatal
(STAIN Pamekasan: Karsa Media Keilmuan, Keislaman dan Pendidikan, 1998) Muhaimin, Paradigma Pengertian Pendidikan Islam (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2003) Noorhidayati, Salamah, Perspektif Pendidikan Islam (Jurnal Ilmiah Tarbiyah: STAINTA, 2001) NK, Roestiyah, Strategi Belajar Mengajar (Jakarta: Rineka Cipta,, 2008)
Pupuh, Faturrahman, Strategi Belajar Mengajar (Bandung: Refika Aditama, 2007) Rasyid, Anwar, Ilmu Pendidikan Islam;Teori dan Aplikasi (Surabaya: TMP, 2010)
Rauf, Abd. Potret Pendidikan Agama Islam di Sekolah Umum (Jurnal Nasional, 2015), volume 3 Nomor1
Rusdi, (2021). Kreatifitas guru PAI dalam menumbuhkan semangat belajar siswa kelas IX di MTS AL-Ikhwa Salekoa
Sanjaya, Wina, Kurikulum Pembelajaran Teori dan Praktek Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) (Jakarta: Prenada Media Group, 2008)
Taha, Muhammad (2021). Analisis dampak kedisiplinan guru PAI terhadap peningkatan prestasi belajar siswa kelas XII SMK Negeri 4 Jeneponto
Thulfhitrah, Nur latifah (2021). Analisis manfaat buku ajar PAI dalam meningkatkan prestasi belajar pada mahasiswa STAI YAPNAS Jeneponto