Upaya Guru dan Orang Tua dalam Proses Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19 terhadap Prestasi Belajar Siswa MI Bulujaya Kecamatan Bangkala Barat Kabupaten Jeneponto
Kata Kunci:
Upaya, orangtua, bimbingan, belajar, tugas, sekolahAbstrak
AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran bimbingan belajar orang tua pada masa pandemi terhadap tugas sekolah siswa MI Bulujaya Kecamatan Bangkala Barat Kabupaten Jeneponto. Penelitian ini merupakan penilitian kualitatif jenis studi kasus yang menggunakan pendekatan fenomenologis melalui metode deskriptif. Instrumen pengumpulan data berupa lembar wawancara, observasi dan dokumentasi yang dilakukan kepada 3 orang tua siswa dan 3 siswa. Berdasarkan hasil penelitian upaya yang dilakukan orang tua dalam bimbingan belajar pada masa pandemi covid-19 dengan menentukan waktu belajar menyesuaikan dengan kesibukannya bekerja dan aktivitas sehari- hari siswa, orang tua mengetahui kesulitan belajar yang dialami siswa untuk dapat membantu mengatasinya, menyediakan fasilitas belajar yang dibutuhkan seperti tempat, sumber dan alat belajar, memotivasi siswa untuk belajar dan membiasakan siswa untuk belajar dengan membaca buku pelajaran dari sekolah ataupun mengerjakan tugas sekolah. Kesimpulannya bimbingan belajar orang tua dapat mempengaruhi kesiapan siswa dalam menyelesaikan tugas sekolah. Siswa yang dibimbing orang tua dengan baik dapat termotivasi untuk belajar dan menyelesaikan tugas sekolah dengan baik. Kata Kunci: Upaya orang tua, bimbingan belajar, tugas sekolah.