HubunganantaraKecerdasan Spiritual Keagamaan dengan Sikap Disiplin Siswa di Lingkungan Sekolah SMP Negeri 3 Bangkala Barat
Kata Kunci:
kecerdasan, spiritual, disiplin, siswaAbstrak
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kecerdasan spiritual keagamaan dengan sikap Barat, disiplin siswa di lingkungan sekolah SMP Negeri 3 Bangkala Barat. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Bangkala Barat Kabupaten Jeneponto dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan instrument angket tertutup untuk variable bebas maupun variable terikat. Subjek penelitian sebanyak 60 responden dengan menggunakan rumus korelasi product moment dibantu program SPSS Version 24.00 for Windows. Kesimpulan penelitian ini adalah adahubungan yang signifikan antara kecerdasan spiritual keagamaan dengan kedisiplinan siswa SMP Negeri 3 Bangkala Barat Kabupaten Jeneponto. Dengan demikian, hipotesis yang berbunyi"hubungan antara kecerdasan spiritual keagamaan dengan sikap disiplin siswa di lingkungan sekolah SMP Negeri 3 Bangkala Barat Kabupaten Jeneponto"dapat diterima. Hal ini dibuktikan dengan r hitung lebih besar dari rtabel pada tarafsignifikasi 5% yaitu 0,509 -0,254.
Referensi
Ahmad, F., & Kusumaningrum, N. P. (2020). Hubungan Kecerdasan Spiritual Keagamaan dengan Sikap Disiplin Siswa di SMP Islam As-Syafi'iyah Tembung Medan. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(2), 211-230.
Ardi TristiadiArdani, Psikiatri Islam, Malang: UIN-Malang Press, 2008
Ariesandi S, Rahasia Mendidik Anak Agar Sukses dan Bahagia: Tips Praktis dan Teruji MelejitkanPotensi Optimal Anak Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2008.
Burhan Bungin, MetodologiPenelitianKuantitatif: Komunikasi. Ekonomi dan Kebijakan Publik Serta imu-Ilmu Sosial Lainnya, Jakarta: Kencana, 2008
Darmawan Deni, Metode PenelitianKuantitatif, Bandung: Rosdakarya, 2013,
Departemen Agama RI, Al-Qur'an dan Terjemahnya, Surabaya: Mekar Surabaya. 2004.
Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Bahasa Indonesia, Jakarta Pusat Bahasa 2008
Djunaidi M. Ghoni dan AlmhansurFauzan, MetodologiPenelitian Pendidikan PendekatanKuantitatif, Malang: UIN Malang Press, 2009.
Emile Durkheim, Pendidikan Moral: Suatu Shafi Teori dan AplikasiSosiologi Pendidikan, Jakarta: Erlangga, 1990.
Ginanjar AryAgustian, SuksesMembangunKecerdasan Emosi dan Spritual ESQ Berdasarkan 6 Rukun Iman dan 5 Rukun Islam, Jakarta: Arga, 2001.
Imran Ali, ManajemenPeserta Didik BerbasisSekolah Jakarta: Bumi Aksara, 2012 Jalaluddin, Psikologi Agama Jakarta: Rajawali Pers, 2010.
Kamaruzaman, N. A., Hashim, R. S., & Othman, N. (2019). The relationship between spirituality and discipline among secondary school students. Journal of Humanities, Language, Culture and Business (HLCB), 3(14), 31-45.
Koesoema Doni A, Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak di Zaman Gilobal Jakarta: Grasindo, 2011.
Kurniasih Imas, Mendidik SQ Anak Menurut Nabi Muhammad Sow, Yogyakarta Pustaka Warna, 2010.
Munif Chatib, Sekolah Anak-Anak JuaraBerbasisKecerdasan Dan Pendidikan Berkeadilan, Bandung: Kaifa, 2011.
Naim Ngainun, Character Building, Optimalisasi Peran Pendidikan dalampengembanganlimu&PembentukanKarakterBangsa. Yogyakarta Ar-Ruz Media, 2012
Nawawi Hadari, Metode PenelitianBidang Sosial, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2007.
Pasiak Taufiq, Revolusi IQ EQ SQ Menyingkap Rahasia KecerdasanBerdasarkan Al-Qur'an dan NeurosainsMutakhir, Bandung Mizan, 2008
Prananda, G. (2021). The role of school environment in facilitating the development of spiritual intelligence of students. Journal of Research in Innovative Teaching & Learning, 14(1), 54-67.
Prawira Putra Atmaja, Psikologi Pendidikan dalamPerspektif Baru. Yogyakarta: Ar Ruzz Media, 2013.
Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: balai Pustaka, 1989.
Rahayu, E., & Wahyuni, E. (2018). Hubungan antara pembentukan karakter spiritual guru dengan pembentukan karakter spiritual siswa di SMA Negeri 1 Purworejo. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan: Menuju Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing, 11(1), 307-314.
Safari Triantoro, Spiritual Intellegence: Metode PengembanganKecerdasan Spiritual Anak, Yogyakarta: GrahaIlmu, 2007.
SinggihGunarsa dan Gunarsa Yulia Singgih, PsikologiUntukMembimbing, Jakarta: Libri, 2012.
Sudijono Anas, PengantarStatistik Pendidikan Jakarta: Rajawali Pers, cet. 22, 2010.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan. PendekatanKuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2014.
Sutrisno Hadi, Statistik Jilid 2. Yogyakarta: Andi Offset, 2004.
Tamara Toto, KecerdasanRuhaniah (Transcendental Intellegence: MembentukKepribadian Yang Bertanggung Jawab, Profesional dan Berakhlak Jakarta: GemaInsani, 2001.
Undang-Undang Sisdiknas (Sistem Pendidikan Nasional 2003): UU RI No. 20 Tahun 2003), Jakarta: SinarGrafika, 2003.
Wantah Maria J, Pengembangan Disiplin dan Pembentukan Moral Pada Anak Uria Dini, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2005.
Wibowo, S. P., & Herawati, D. (2022). The moderating effect of school culture on the relationship between spiritual intelligence and student discipline. Journal of Educational Sciences, 6(1), 1-10.
Zohar Danah dan lan Marshall, SQ: Kecerdasan Spiritual, Bandung Mizan, 2007.
Zahairini, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 1995.