PENGARUH BELAJAR SANTRI TPQ NUR SYUADAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SDN NO.37 GARASSIKANG

Penulis

  • Manggasingi STAI YAPNAS Jeneponto
  • Mujahidin STAI Yapnas Jeneponto
  • Sukmawati STAI Yapnas Jeneponto
  • Almaidah STAI Yapnas Jeneponto
  • Vhera Auliah STAI Yapnas Jeneponto

Kata Kunci:

alquran taman siswa, pondok pesantren taman, santri

Abstrak

Pengaruh Hasil Belajar Santri TPQ Nur Syuadah Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SDN No. 37 Garassikang. Jurusan Pendidikan Agama Islam STAI YAPNAS jeneponto 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar santri TPQ Nur Syuadah terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SDN No. 37 Garassikang Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan metode penelitian Kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik Purposif Sampling. Purposif Sampling yaitu teknik yang digunakan peneliti jika peneliti mempunyai pertimbangan-pertimbangan tertentu di dalam pengambilan sampelnya atau pengambilan sampel untuk tujuan tertentu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisa data yang digunakan adalah analisa koefisien korelasi Product Moment. Hasil temuan dilapangan mengemukakan bahwa peserta didik SDN No. 37 Garassikang yang mengikuti TPQ (Taman Pendidikan Al-Qur'an) memiliki hasil belajar PAI (Pendidikan Agama Islam) yang tinggi.

Unduhan

Diterbitkan

2023-06-29

Cara Mengutip

Manggasingi, Mujahidin, Sukmawati, Almaidah, & Vhera Auliah. (2023). PENGARUH BELAJAR SANTRI TPQ NUR SYUADAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SDN NO.37 GARASSIKANG. Edukasiana Islam, 1(1), 68–85. Diambil dari https://journal.yapnasjp.ac.id/index.php/edukasiana/article/view/16

Terbitan

Bagian

Articles